Pure Womanhood

Menjadi seorang perempuan bukanlah sesuatu yang kebetulan atau ‘memang dari sananya begitu’. Tetapi terdapat suatu makna yang sangat sangat mendalam menjadi seorang perempuan.

Bukan hanya karena perempuan bisa melahirkan kehidupan baru, bukan hanya kata-kata: “dibalik pria sukses terdapat wanita hebat.” Tidak. Pemahaman keindahan wanita yang demikian masih dalam tingkat “kulit” nya saja.

Pernahkah anda mendengar bahwa ada seorang remaja laki-laki yang kecanduan atau addicted melihat gambar pegunungan, laut, sunset? Saya rasa tidak. Yang ada laki-laki kecanduan dan bahkan memiliki keterikatan melihat gambar tubuh wanita. Mengapa? Memang, tubuh wanita itu indah.

Namun keindahan dan keberhargaan seorang wanita seringkali hanya dilihat dari tubuhnya saja. Padahal dalam daging yang indah itu, juga terdapat yang namanya pribadi. Pribadi seorang wanita, yang seringkali kurang dihargai oleh pria dan bahkan oleh wanita itu sendiri.

You’re so MYSTERYOUS!
Tahukah kamu, hai wanita kalau kita menyimpan misteri dalam diri anda. Sebuah misteri yang tidak dibuat-buat tetapi pada hakekatnya sudah demikian.

Gampangnya begini. Secara anatomi tubuh, alat kelamin pria terletak diluar tubuh dan alat kelamin wanita terletak didalam tubuh, tersembunyi. Sesuatu yang biasanya tersembunyi, pasti sesuatu yang sangat berharga hingga harus disembunyikan. Yes, woman, our body is hiding a mystery and the mystery is you!

Maka bukan lagi menjadi misteri bila kita, wanita, memakai pakaian yang tidak sopan dan memamerkan keindahan tubuh anda. Salah kaprah bila anda berpikir bahwa pakaian yang kita kenakan untuk menutupi aurat-aurat. Wanita memakai pakaian untuk menutupi keindahan tubuhnya. Tetapi bukan berarti keindahan itu disembunyikan terus sehingga tidak bisa dilihat. Misteri keindahan seorang wanita menjadi nampak dalam berpakaian yang sopan.

Bila anda merasa geli jika mendengar kata-kata: berpakaian sopan atau tertutup, saya jelaskan sedikit. Tanpa kita sadari, pakaian yang kita pakai menarik perhatian pria. Dikatakan bahwa, woman is more audible and man is more visual. Laki-laki lebih sering menangkap sesuatu lebih kearah visual. Maka anda memancing ke-nafsu-an pria datang kepada anda. Anda memancing ‘lust’ dari pria, bukan ‘love’ dari pria. Bila anda mencari pria yang anda idam-idamkan menjadi suami atau pasangan anda, mulailah berpakaian sopan hari ini.

Nah, misteri bukan misteri namanya bila tidak dicaritahu, dicari-cari apa yang ada dibalik misteri itu. Menjadi tugas pria untuk membuka tudung dibalik misteri itu.
Keperawanan kita atau virginity merupakan inti dari misteri kita sebagai wanita. Oleh sebab itu, hubungan seksual bukanlah sesuatu mainan atau rekreasi yang dapat kita lakukan sesuka nafsu kita, kapanpun dengan siapapun. Tidak. Misteri keperawanan anda haruslah tetap menjadi misteri, hingga anda menemukan satu pangeran berkuda putihmu yang dengan janji perkawinannya membuka tudung misterimu sebagai wanita. Ingat! Tidak sembarang orang berhasil menemukan harta karun terpendam. Hanya boleh satu orang dan orang itu bukanlah orang biasa-biasa saja.

Myself against my pure womanhood
Mendengar kata: “pure womanhood”, mungkin rasanya menjadi sesuatu yang terlalu prestigious, mungkin terlalu indah, mungkin terlalu sulit atau mungkin agaknya mustahil?

Tuhan menciptakan manusia pria dan wanita. Tuhan memberikan cinta dan Tuhan menciptakan seks. Cinta dan seks itu bukan suatu “kesalahan” yang tidak sengaja Tuhan ciptakan. Love dan sex merupakan kehendak Tuhan. Namun, love dan sex itu menjadi SALAH maknanya bila diartikan dengan menggunakan kacamata kehendak manusia. Love, sex, womanhood, manhood yang Tuhan kehendaki adalah yang murni. PURE.

Berikut saya jabarkan kesulitan dan kemustahilan dan KEBODOHAN wanita karena mereka malah bertindak melawan pure womanhood itu.

I can’t be alone
Menjadi single merupakan hal terburuk dan memalukan yang pernah ada! Begitu pikiran yang ada sekarang ini. Sehingga banyak wanita mempertahankan mati-matian hubungan dengan pacarnya. Atau status ‘in relationship’ ini harus dipertahankan! Walaupun nyatanya pasangan itu tidak lagi harmonis dan bahkan saling melukai. Ini merupakan bukti bahwa anda tidak bebas jika anda berpikir demikian.

Jika anda tidak dengan bebas mencintai pasangan anda, maka anda tidak benar-benar mencintai, tetapi anda diperbudak oleh hormon dan emosi anda sendiri. Akibatnya, anda akan terus menjalani hubungan pacaran yang dangkal dan hidup anda terasa seperti sinetron yang penderitaannya tak kunjung habis.

Menjadi single bukan saja hanya ‘boleh’, tetapi terkadang juga ‘HARUS’. Jika kita ingin mencari cinta, maka kita HARUS terlebih dulu mengenali diri kita sendiri. Siapa diri anda sebenarnya? Apa tujuan hidupmu? Apa yang kamu sukai? Bila tidak demikian, umumnya, wanita mencari jati diri mencari kedewasaannya lewat pria. Sayangnya, terkadang pria itu sendiri juga tidak mengenali diri mereka atau pria itu memandang wanita sebagai barang objek pemuas nafsunya saja atau pria itu belum cukup dewasa.
Menjadi single memiliki makna tersendiri. Kita menjadi pribadi yang bebas. Bebas menentukan arah dan tujuan hidup kita. Menjadi single bukan berarti sendiri atau alone. menjadi single artinya mengambil kesempatan untuk belajar hidup untuk orang lain. Kenyataannya, wanita yang bebas atau independence akan terlihat lebih menarik.

Nobody wants me
Beberapa bulan lalu, disuatu forum terdapat seorang wanita yang mengirim thread: ‘mencari pasangan hidup’. Ia menulis, memperkenalkan diri nya dan menurut saya malah menjadi mempromosikan dirinya. Ia menjelaskan hidupnya. Ia berkata, ia perempuan yang baik, yang cantik, beriman, tetapi di usia kepala tiga ini dia belum pernah berpacaran sekalipun. Ia pun melanjutkan bahwa katanya tidak pernah ada yang suka dengannya, lalu bagaimana ia bisa memulai suatu hubungan apalagi menikah? Padahal ia tidak pilih-pilih. Siapapun yang mau dengannya, ia pasti bersedia.

Lagi-lagi single menjadi masalah, apalagi bila sudah mencapai usia 30an. Bagi wanita ini menjadi masalah besar. Seperti wanita diatas, seringkali karena sudah dekat ‘batas’ waktunya, kita menjadi ‘asal-asalan’ atau ‘apa saja ok lah’ atau dengan kata lain: menurunkan standard kita.

Saya tidak tahu apa yang selanjutnya terjadi pada wanita ini, tetapi ia pasti merasa dirinya yang tidak berharga karena tidak ada yang mau. Akibatnya ia bisa memiliki kecenderungan bunuh diri atau lari kepada obat-obatan terlarang atau free sex jika ia tidak beriman dan setia pada Tuhan. Atau bila ada seseorang yang mau dengannya, apapun motivasinya, entah cinta benaran atau tidak, ia kemungkinan mau begitu saja. Akibatnya hubungan perkawinan yang ia jalani pasti tidak akan harmonis dan malah membuat masalah dalam hidupnya semakin besar.

Orang-orang dalam forum malah menyuruhnya menghapus thread itu karena mengandung sesuatu yang sensitive. Tetapi saya berusaha menghiburnya sedikit. Saya hanya bilang: kalaupun anda memilih, tidak apa-apa kok. Pasangan hidup adalah untuk selamanya, maka wajar bila anda memilih. Terus berdoa dan melihat ke sekeliling anda.

Saya lalu berpikir, wanita yang ingin menikah, misal pada usia 30 tahun, tidak mungkin mencari pria saat itu juga, rasanya memang terlambat sudah. So, sesuatu yang wajib dilakukan para remaja yang ingin menikah untuk berteman sebanyak mungkin, termasuk teman laki-laki. Hingga pada saatnya yang tepat, kita tidak usah panic lagi. Atau pangeran kuda putihmu akan datang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu yang kita lalui.

Dan kalau kamu belum pernah berpacaran hingga usia tertentu karena belum menemukan pria sejatimu, kamu tidak boleh berkecil hati, justru kamu harus bangga, bahwa anda dengan setia menunggu the one and true love. Maka terus berdoa dan bekerja!

If I say no, I might lose him
Polling pertanyaan yang paling sering muncul dalam suatu sex talk, adalah bagaimana cara untuk berkata ‘no’ tanpa menyakiti hati pria. Sebenarnya yang wanita hindari bukanlah menyakiti hati pria itu, tetapi wanita takut akan penolakan pria.

Seringkali ada saat dimana wanita merasa terpojok dan harus membuat keputusan yang sulit. Memilih antara mengikuti kehendak pria yang mana ia merasa dimanfaatkan dan dalam hatinya terus berkata tidak, namun jika ia menolak pria itu, ia takut kalau pria yang ia sayangi akan pergi dan tidak lagi mencintainya.

Dan tidak jarang ‘pemanfaatan’ wanita oleh pria berada dalam lingkaran seks dan nafsu. Contoh ekstreem dari apa yang dilakukan pria kepada wanita pekerja seks komersil adalah mereka hanya melihat wanita sebagai ‘barang’ yang indah, tanpa memikirkan pribadi atau personal nya, dan tentu saja menghapus sesuatu yang dianggap pengganggu yaitu virginity.

Mungkin dalam keseharian kita, sering kita menjumpai pasangan yang kurang sehat dalam hubungannya. Terkadang si wanita berpikir bahwa ia sangat mencintai pria itu dan tidak mungkin melepaskannya setelah sejauh ini, tetapi seringkali wanita juga merasa takut bahwa pria hanya menyukai kesenangan yang wanita berikan saja. Dan akhirnya, pasangan itu terus menjalani hubungan yang mana hanya menyenangkan pria saja, tetapi wanita merasa tertekan. Wanita cenderung ikut arus saja dan hanya bisa berharap suatu saat pria berubah.

Tetapi kemurnian atau ‘purity’ tidak akan pernah menghambat suatu hubungan. Jika hubungan pria dan wanita itu didasari oleh nafsu belaka, maka kemurnian atau purity akan mengakhirinya. Tetapi jika relasi itu sungguh didasari oleh cinta yang sejati, maka kemurnian akan menjaga cinta itu.

Dengan menjaga kemurnian dirinya, wanita mengajari pria bagaimana cara memahami dan mengerti bahwa tubuh wanita adalah harta karun yang harus di hargai, bukan sesuatu yang harus ditaklukkan.

Kita harus mulai belajar mengatakan ‘no’ pada hubungan-hubungan yang tidak sehat. Relasi yang sehat adalah relasi yang berpusat pada Tuhan. Mungkin kita tidak akan perlu mengatakan ‘no’ untuk sesuatu yang tidak baik, tetapi pria yang didalam Tuhan itu yang akan membawa engkau kepada kemurnian. Mencari pria yang demikian bukanlah sesuatu yang mustahil, tetapi inilah standard yang benar!

I am dirty
Jika anda merasa ‘I am dirty’ dan pure womanhood menjadi sesuatu yang sudah terbuang dimasa lalu, mari lihat kembali dalam diri anda. Coba lihat kembali apakah yang anda lakukan selama ini membuat anda sungguh-sungguh bahagia? Mari lihat kembali siapa diri anda dan bagaimana nilai awal anda diciptakan. Tuhan menciptakan anda begitu berharga. Ya, memang, kita dengan begitu mudah mengotori diri dengan dosa. Kita menurunkan nilai mahal yang Tuhan telah tulis dalam diri kita.

Bisa dimengerti bila seringkali kejadian menyakitkan dalam hidup kita, membuat kita menjadi ragu akan Tuhan. Dan terkadang kita menyalahkan Tuhan akan semua yang terjadi dalam hidup kita. Terkadang kita takut untuk kembali kepada Tuhan dan merasa malu akan semua yang telah terjadi dalam hidup kita. Tetapi, masih ada yang namanya pengharapan.

Beranilah berharap pada Tuhan. Berharap akan pengampunanNya, berharap akan belas kasihNya. Ia Maha Pengampun dan Ia telah melepaskan segala ke-Allah-an-Nya untuk turun menjadi manusia dan menebus setiap kita dengan Darah-Nya yang tertumpah di kayu salib. Ia tidak hanya menebus jiwamu, Ia juga menebus tubuhmu, keinginanmu, hasratmu, dan segala yang ada dalam dirimu.

Tetapi pengampunan Tuhan bukanlah suatu mainan yang anda pikir bisa anda dapatkan dengan mudah sekarang lalu nanti juga tinggal meminta ampun lagi. Anda sedang mempermainkan Tuhan kalau begitu. Dan hatimu tidak akan pernah penuh oleh cinta, karena anda sedang bergerak menjauh dari sumber Cinta itu, yaitu Tuhan. Datang kembali kepadaNya dengan segenap hatimu, segenap dirimu, segenap kehendak dan keinginanmu.

Anda juga harus ingat bahwa masa lalu anda tidak bisa anda hapus begitu saja, tidak bisa anda pendam begitu saja. Masa lalu akan tetap ada. Tetapi yakinlah bahwa masa lalu anda tidak menentukan masa depan anda.

Satu-satunya kunci akan semua masalah yang anda hadapi dan kunci untuk hidup dalam pure womanhood hanya: bawalah semua kepada Tuhan. Ingat! Tuhan punya Rahmat! Mungkin anda tidak bisa, ya, memang anda sendiri tidak akan bisa, tetapi Tuhan pasti bisa!
Mari kita membuka hati bagi Tuhan, Pencipta kita.

Mari kita sembunyikan misteri kewanitaan kita di pelataran baitNya selalu, sampai ‘the knight in shining armour’ itu datang menghadap Tuhan untuk mencari ‘the pure woman’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s