Kehidupan Sesudah Kematian

Kehidupan Sesudah Kematian

a)      Apakah reinkarnasi itu ada?

  • Gereja Katolik tidak mempercayai adanya reinkarnasi (hidup kembali sebagai manusia atau makhluk apa pun di bumi setelah meninggal). Orang Katolik percaya bahwa ada kebangkitan atau kehidupan di akhirat sesudah meninggal dan tidak akan kembali ke dunia.
  • Seorang yang meninggal memiliki 3 pilihan, yaitu Surga, api pencucian atau neraka. Semua tentu ingin masuk Surga, tetapi hanya orang-orang yang sempurna, yang tak bercela yang dapat masuk ke Surga. Tetapi tidak ada satu manusia pun yang tidak pernah jatuh dalam dosa. Lalu, apakah tidak ada yang bisa masuk ke dalam Surga? Oleh sebab itu Gereja percaya bahwa sebelum jiwa masuk ke Surga, jiwa dimurnikan terlebih dahulu dari dosa-dosa manusiawinya. Hingga jiwa itu sudah murni, baru lah jiwa dapat masuk ke Surga.

b)      Mengapa orang Katolik mendoakan orang yang sudah meninggal?

  • Orang yang sudah meninggal merupakan bagian dari Gereja. Umat atau Gereja terdiri dari 3 macam, Gereja militant (kita yang masih mengembara di dunia), Gereja yang jaya (jiwa yang telah tiba di Surga) dan Gereja yang menderita (jiwa-jiwa yang dimurnikan untuk masuk ke Surga). Gereja militant dapat meminta bantuan doa dari Gereja jaya, begitu pula Gereja yang menderita memerlukan doa-doa dari Gereja militant, agar dengan doa-doa dan persembahan murni Ekaristi, mereka dapat segera menikmati Surga.

c)      Apakah boleh mendoakan leluhur dengan hio?

  • Hio merupakan suatu alat untuk sembayang, sama seperti dupa. Gereja Katolik di Vietnam dan negara-negara tertentu memakai hio ganti dupa yang kita pakai biasanya. Berdoa dengan hio atau dengan alat apapun diperbolehkan. Yang perlu diperhatikan adalah kepada siapa kita berdoa? Kita dapat menggunakan hio untuk berdoa kepada Yesus, tetapi kita tidak boleh menggunakan hio atau alat apapun untuk berdoa kepada dewa-dewi atau leluhur. Sekali lagi ditekankan bahwa kita tidak berdoa kepada leluhur, tetapi kita mendoakan leluhur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s