Karismatik Katolik 101

Apa itu karismatik?
Karismatik berasal dari kata ‘Charismata’ dari bahasa Latin, yang artinya ‘Karunia-karunia Roh Kudus’. Orang-orang yang menyatakan dirinya karismatik, adalah orang-orang yang hidupnya dipimpin oleh Kuasa Roh Kudus (Roma 8:14). Selain itu, Karunia-Karunia Roh Kudus dan buah-buahnya (Galatia 5:17) juga lebih hidup didalam diri mereka.

Terdapat banyak sekali Karunia-Karunia Roh Kudus. Beberapa tertulis pada kitab 1 Korintus 12. Tetapi diluar 1 Korintus 12 itu, masih terdapat banyak Karunia-karunia Roh Kudus, seperti karunia pujian, karunia menulis, karunia pelayanan, karunia penyemangatan, dsb.

Karunia Roh Kudus telah ada ketika seseorang dibaptis. Hanya saja mungkin kurang aktif dipakai. PD karismatik yang berfokus pada Karunia-Karunia Roh Kudus itu, mengajak semua anggotanya untuk mengaktifkan Karunia yang Tuhan berikan pada masing-masing orang. Sehingga kehidupan rohani setiap orang dapat lebih hidup dan bertumbuh dalam Roh Kudus.

Sejarah Singkat Gerakan Karismatik
Kejadian aneh menimpa mahasiswa Katolik di suatu unversitas di Amerika. Mereka sedang mendalami makna Pentakosta. Satu dari mereka terdorong untuk berdoa didepan Tabernakel ketika ia lewat didepan Kapel. Lalu ia mengalami kejadian luar biasa, Patti Galagher merasa ada yang menyentuhnya, ia merasakan kasih Tuhan yang begitu besar dan begitu penuh. Ia segera memanggil teman-temannya untuk berdoa bersama. Semua diantara mereka juga mengalami hal yang sama. Mereka mengalami Pentakosta yang baru.

Pengalaman itu semakin banyak dialami anak-anak muda hingga para pastor dan Uskup. Gerakan pembaharuan karismatik ini diterima oleh Gereja Katolik. Gerakan ini menyebar ke seluruh dunia. Gereja menyadari bahwa gerakan karismatik merupakan karunia dan Rahmat yang baru bagi umat-Nya, sesuai dengan Doa Paus Paulus VI agar terjadi kembali Pentakosta yang baru pada Gereja sekarang.

Persekutuan Doa Karismatik Katolik
PD karismatik terkenal dengan gaya yang unik dan bebas. Setiap orang dapat dengan bebas mengungkapkan cara masing-masing untuk memuji dan menyembah Tuhan. Semua itu berdasarkan dorongan Roh Kudus dalam diri tiap-tiap orang. Apabila seseorang merasa ia ingin bertepuk tangan sambil bernyanyi, ia dapat melakukannya. Apabila seseorang ingin mengangkat tangannya dan menyembah Tuhan, silahkan saja. Apabila ingin berlutut atau duduk saja, juga boleh. Apabila seseorang ingin memuji dan menyembah Tuhan dengan senandung atau Bahasa Roh, bisa saja. Bidang pelayanan dalam PD karismatik begitu luas dan sederhana, seperti karunia-karunia Roh yang ditulis sebelumnya, seseorang dapat melayani Tuhan dan sesama lewat pujian, lewat tulisan rohani, lewat penyemangatan, lewat doa dan dukungan bagi sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Apa itu bahasa Roh?
Bahasa Roh merupakan karunia yang umum terdapat pada PD karismatik. Karunia bahasa Roh dapat dimiliki semua orang yang Tuhan berikan. Bahasa Roh keluar dari dorongan hatinya untuk berdoa lebih dalam lagi kepada Tuhan. Walaupun ia sendiri tidak mengerti artinya, doa bahasa Roh membantu pertumbuhan rohani seseorang. Doa bahasa Roh mengungkapkan keinginan terdalam si pendoa, dan hanya Tuhan yang tahu.

Bagaimana cara mendapatkan bahasa Roh? Pertama-tama, rindukanlah itu. Ingini dan mintalah dari Tuhan. Kita dapat meminta bantuan teman-teman yang sudah bisa berbahasa Roh untuk mendoakan (mengaktifkan) bahasa Roh kita. Kita dapat juga menirukan Bahasa Roh yang kita dengar saat penyembahan. Biasanya, karunia berbahasa Roh diberikan saat persekutuan doa dan retret seminar hidup dalam Roh (SHDR).

To be continued…

2 thoughts on “Karismatik Katolik 101

  1. Shalom sist menurutku kalau mengaktifkan Bahasa Roh i2 dari Tuhan dan bukan dari manusia trimakasih, Jbuz

    • terima kasih atas tanggapannya. memang karunia ini dari Tuhan. tetapi kalau manusia tidak turut mengembangkan karunia ini, maka akan hilang dan tidak berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s