24 hours is not enough!

“The lack of prayer is the cause of lack of time.” – Peter Kreeft

Kita sering berpikir, “Sehari 24 jam rasanya kurang!” Melakukan kegiatan kantor atau study rasanya tidak cukup. Banyak hal yang belum dikerjakan walaupun sudah sibuk seharian. Apalagi berdoa?

Doa menjadi salah satu tiang penopang roda kehidupan rohani. Bila doa tidak dijalankan, hidup rohani akan sulit untuk bertumbuh, bahkan mustahil. Tetapi bila doa hanya menjadi agenda yang harus dikerjakan pun, doa lama kelamaan menjadi kegiatan yang membosankan.

Doa sudah seharusnya menjadi pokok kehidupan Kristiani bagi semua orang beriman. Doa bukan hanya sekedar ‘to-do list’, melainkan menjadi kerinduan setiap harinya. Doa menjadi kegiatan yang memaknai hari itu. Doa menjadi saat kita datang kepada Tuhan, berdua saja dengan Dia dan mengalami lagi cinta-Nya. Doa menjadi saat-saat kita bersama Allah.

Doa sudah selayaknya menjadi prioritas utama dalam hidup kita. Maka, disarankan bahwa setiap orang memiliki jam doa pribadi masing-masing. Jika kita bisa menjalankan jam doa kita, berarti kita bisa menjalankan kegiatan sehari-hari kita sesuai dengan prioritas kepentingannya masing-masing. Karena doa menjadi pusat hidup dan memiliki prioritas tinggi dalam hidup kita.

Maka bukan lagi ‘kurangnya waktu mengakibatkan kurangnya doa‘,  melainkan ‘kurangnya doa mengakibatkan kurangnya waktu‘.

Lebih dari itu, doa tidak hanya menjadi saat-saat khusus dalam hidup kita lagi. Ketika jam berdoa kita mengingat Tuhan, tetapi ketika sedang bekerja, beraktifitas, kita tidak ingat lagi pada Tuhan. Tidak demikian. Doa hendaknya pula menjadi hidup kita. Ya, sepanjang hari dalam hidup kita dapat menjadi doa. Seperti tertulis dalam Lukas 18:1, Yesus mengingatkan murid-murid-Nya untuk tidak jemu-jemu berdoa. Berdoa 24/7.

“Our whole day can be a time for prayer” St. Josemaria Escriva

Inspiration from : http://www.fallibleblogma.com/index.php/never-enough-time-maybe-youre-missing-this/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s