Perayaan Ekaristi

EucharistPerayaan Ekaristi

a)      Mengapa sih kita harus ke gereja pada hari Minggu?

  • Berhenti bekerja pada hari Minggu dan pergi ke gereja merupakan satu dari Lima Perintah Gereja. Perintah ini wajib dijalankan oleh umat Katolik. Tetapi bukan berarti hari-hari lainnya umat Katolik tidak mengingat Tuhan atau tidak ke gereja. Mengikuti Misa harian, persekutuan doa dan kegiatan-kegiatan lain di luar hari minggu bukanlah kewajiban, tetapi sesuai keinginan masing-masing orang untuk mengembangkan imannya.

b)      Apakah hosti yang sudah diberkati adalah benar-benar Tubuh Kristus?

  • Ya, hosti yang diberkati adalah Tubuh Kristus. Bukan hanya lambang, melainkan benar-benar Tubuh Kristus. Dalam Gereja Katolik, hosti yang sudah diberkati disimpan dalam Tabernakel. Gereja-gereja lain tidak menyimpan hosti sisa perjamuan, karena bagi mereka itu hanya lambang semata. Seorang yang belum dibaptis bila ia menerima Tubuh Kristus, ia mendatangkan dosa atas dirinya sendiri, karena ia dianggap belum mengetahui kebenaran dan belum berjanji dalam Sakramen Baptis. Seorang Katolik yang mengikuti perjamuan gereja lain dan menerima hosti pun dianggap berdosa karena mereka menganggap hosti biasa itu sama dengan Kristus.
  • Ekaristi menjadi puncak perayaan iman Katolik. Ekaristi menempati tempat tertinggi, diatas semua kegiatan-kegiatan rohani yang sekilas terdengar lebih besar atau terasa lebih menyenangkan, karena Yesus secara fisik hadir disana. Yesus sendiri yang hadir dan diterima oleh orang-orang yang sudah dibaptis dalam Gereja Katolik.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s